Rabu, 11 Januari 2012

mendidik anak balita dengan 'membaca'


anak adalah investasi masa depan, salah satu anugrahNya yg bisa kita banggakan adalah bila kita berhasil mendidiknya dengan baik, anak jugalah yg nantinya menjadi 'teman setia' kita di masa tua
oleh karna itu sudah menjadi tugas orang tua untuk mempersiapakan anak2 kita siap menghadapi tantangan zaman.. dimana ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang dimana anak2 kita akan hidup berbeda dengan kita sekarang


mendidik sejak dini

kita memang tidak dapat mengendalikan pertumbuhan otak anak, namun kita dapat membantu mengoptimalkan perkembangannya
riset menunjukkan bahwa perkembangan intelektual anak2 sejak lahir hingga usia 3 tahun sama hebatnya dengan usia 4 tahun hingga 18 tahun, maka dari itulah usia 0-3 tahun sering disebut sebagai golden age dan pada usia 4 tahun 50% kecerdasan otak anak sudah terbentuk

rumah menjadi sekolah pertama bagi anak kita, cara mendidik anak balita, kebiasaan2 orang tua dan anggota keluarga lainnya akan berpengaruh terhadap kebebasan anak di masa depan
jika orang tua biasa menonton, anak juga akan senang menonton, apabila orang tua senang membaca anak2 akan akrab juga dengan bahan bacaan, bukan sembarang bacaan tentuanya.. bacaan bermutu disertai ilustrasi gambar yg menarik akan mempermudah anak menyerap pengetahuan dalam bacaan

cerdas dengan membaca

membaca adalah salah satu mendidik anak balita yg positif. sayangnya tidak semua anak suka membaca, padahal membaca sangat penting untuk menambah pengetahuan dan pemahaman
cara mendidik anak balita agar suka membaca dapat dilakukan dengan memberikan buku bacaan bergambar

sejak usia 3 bulan, anak sudah memiliki kemampuan untuk membangun dan mengingat perbedaan pola2 gambar yg rumit.. jadi memberikan buku bacaan bergambar pada anak patut dicoba
keberadaan gambar yg menarik juga membuka peluang bagi anak untuk membaca lewat gambarnya saja, anak tidak terbebani dengan tulisan yg panjang
tokoh2 yg unik dan tingkah laku yg kocak pada gambar lambat laun akan mendorong anak mencari tahu lebih banyak lewat tulisan dimana secara tidak sadar anak akan mulai membaca keseluruhan isi buku

kegiatan membaca akan semakin optimal apabila orang tua turut serta membaca, dimana kita dapat membahas dan menerangkan pada anak mengenai isi dari buku tersebut
selain pengetahuan anak bertambah, membaca dapat menjalin komunikasi dan hubungan emosional antara anak dan orang tua, komunikasi dan emosi yg erat kelak akan menjadi dasar bagi hubungan yg lebih harmonis di masa depan